Jokowi dan Ma’ruf Amin Jalani Tes Kesehatan

NAWACITANEWS.COM, JAKARTA – Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2019 mendatang, Joko Widodo (Jokowi) dan K.H. Ma’ruf Amin, pagi ini Minggu, 12 Agustus 2018, menjalani penilaian kesehatan jasmani dan rohani di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Penilaian kesehatan ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang selanjutnya diatur dengan Peraturan KPU RI Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Jokowi dan Ma’ruf Amin tiba di RSPAD secara bersama-sama sekira pukul 08.00 WIB, dengan menumpang mobil yang sama Toyota Innova berwarna hitam.

Jokowi dan Ma’ruf Amin juga kompak didampingi putra-putri bungsu mereka. Jokowi didampingi putra bungsunya, Kaesang Pangarep, sedangkan Ma’ruf Amin didampingi putri bungsunya, Siti Haniatunnisa.

Sesaat setelah turun dari mobil, keduanya menyempatkan diri menyapa para jurnalis yang telah menunggu di halaman RSPAD. Kepada para jurnalis, Jokowi dan Ma’ruf Amin mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk menjalani penilaian kesehatan kali ini.

“Persiapannya sama, saya dan Pak Kiai Ma’ruf Amin sama berpuasa sejak tadi malam,” ujar Jokowi.

Usai menyapa para jurnalis, Jokowi dan Ma’ruf Amin langsung menuju ke ruang pemeriksaan. Kedatangan keduanya disambut antara lain oleh Ketua KPU Arief Budiman, Kepala RSPAD Gatot Subroto Terawan Agus Putranto, dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Ilham Oetama Marsis, serta sejumlah tim dokter lainnya.

Tak hanya itu, tampak pula para komisioner KPU dan para sekjen partai pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin yang hadir serta menyambut kedatangan keduanya.

Usai menjalani sejumlah pemeriksaan selama kurang lebih 90 menit, Jokowi dan Ma’ruf Amin keluar dari ruang pemeriksaan untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan pemeriksaan berikutnya.

Diperkirakan penilaian kesehatan keduanya akan memakan waktu selama kurang lebih 9-12 jam, dengan diselingi waktu istirahat. Sedangkan hasil pemeriksaan akan disampaikan kepada KPU dua hari setelah pemeriksaan selesai. (K)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *